Jumat, 26 Maret 2021

Tips Memilih Hose Reel untuk Pertambangan

Kegiatan pertambangan baik di bawah tanah, bawah laut, maupun di darat bagi pelaku industri tambang membutuhkan peralatan yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah hose reel pertambangan, alat yang dirancang khusus untuk kegiatan pertambangan. Lantas, kenapa kegiatan pertambangan membutuhkan hose reel?



1.       Meminimalisir kecelakaan kerja

Dengan menggunakan hose reel, maka dapat meminimalisir kecelakaan kerja. Contohnya, tersandung akibat selang yang tidak rapi dalam penempatannya. Jika memanfaatkan hose reel, selang tersebut tentunya bisa digulung pada hose reel sehingga akan lebih rapi dan tidak membahayakan keselamatan para pekerja.

2.       Menghemat tempat penyimpanan

Bayangkan ketika kegiatan pertambangan yang membutuhkan selang yang panjang dan butuh disimpan, pasti memakan ruang penyimpanan yang sangat banyak. Dengan menggunakan hose reel, maka Anda tidak perlu menyediakan ruangan yang luas karena bisa disimpan dengan rapi tanpa memakan banyak tempat.

3.       Lebih produktif dalam bekerja

Ada tiga jenis hose reel yang bisa memudahkan Anda dalam bekerja yaitu manual, otomatis, dan elektrik. Bayangkan ketika Anda harus melepas dan menggulung selang yang panjang tanpa hose reel, pastinya akan menyita waktu bekerja dan tidak efektif. Untuk itu, yuk gunakan hose reel di industri Anda!

Tertarik menggunakannya di industri pertambangan Anda? Sebelum menggunakannya, yuk, perhatikan dulu beberapa tips memilih hose reel untuk pertambangan berikut:

1.       Spesifikasi hose reel

Anda harus mengetahui kira-kira manakah hose reel yang cocok digunakan untuk industri pertambangan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengukur panjang dan ukuran selang serta radius yang mau dijangkau. Pastikan semuanya dengan pasti agar bisa mengakomodir kebutuhan kegiatan selama pekerjaan pertambangan berlangsung.

2.       Kualitas hose reel yang bisa diandalkan

Carilah kualitas hose reel yang bisa digunakan lebih lama pada kegiatan pertambangan dan lebih menghemat biaya operasional pada kegiatan pertambangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk waktu yang lama dan tidak harus membelinya secara berulang.

3.       Bagaimana dan kapan hose reel akan digunakan

Perhatikan bagaimana hose reel digunakan. Apakah dengan posisi rewind (mundur), posisi pemasangan, atau posisi roller yang mana ini nantinya akan menentukan jenis hose reel apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk posisi rewind beberapa pilihannya seperti rewind manual, pegas, elektrik, udara, hingga hidrolik. Untuk posisi manual rewind, lebih cocok menggunakan hose reel yang lebih pendek dan selang yang pendek juga, tentunya.

4.       Storage atau live reel?

Storage reel diperlukan untuk penyimpanan selang dan tidak akan menyebabkan cairan yang ada di dalam selang keluar walaupun masih berada di dalam gulungan. Untuk live reel, tetap bisa mengalirkan cairan ketika masih di dalam reel tersebut. Anda harus bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

                Jika Anda sudah memiliki informasi yang cukup mengenai hose reel yang cocok bagi kegiatan pertambangan tetapi masih ingin memastikan lagi agar tepat pilihannya, maka Anda bisa bertanya langsung kepada supplier hose reel. Semoga artikel ini bisa membantu, ya!

0 komentar:

Posting Komentar