Jumat, 16 Oktober 2020

Jangan Sampai Hilang, Backup Datamu Sekarang Juga.

Kehilangan data adalah hal yang sangat mengganggu sekaligus memiliki solusi yang rumit untuk mengembalikannya. Terlebih pada perusahaan besar seperti Bank deposito BCA, perkantoran, start up dan data. Hilangnya data tidak hanya disebabkan oleh kita sendiri yang tidak dengan sengaja menghapus data tersebut, tetapi juga dapat disebabkan oleh Malware, Virus, juga kerusakan computer.


Apabila anda menggunakan computer atau laptop file atau data yang anda hapus akan masuk ke tempat sampah yang biasa disebut sebagai recycle bin. Dalam kurun waktu tertentu data tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila tidak anda kembalikan. Namun bagaimana apabila laptop atau komputer anda rusak sehingga anda tidak bisa menyalakannya sama sekali?, atau data anda terkena malware sehingga anda tidak bisa mengakses data anda?. Maka dari itu cadangkan data anda sedini mungkin dengan beberapa alat ini :

1.     Flashdisk

Alat ini menjadi alternatif yang paling mudah, pasalnya flashdisk adalah tempat penyimpanan data yang kecil karena diperuntukkan untuk mobilitas tinggi. Selain itu kapasitas penyimpanan dari alat ini juga beragam dari yang kecil hingga sedang. Maka dari itu copy data anda ke flashdisk dapat menjadi cara yang paling mudah dalam membackup data.

2.     Hard disk external

Setiap laptop dan computer memilki hard disk yang tertanam didalamnya. Fungsi dari harddisk tersebut adalah untuk menyimpan data data di perangkat tersebut. Namun apabila perangkat anda mengalami kerusakan anda tidak bisa mengakses data anda. Namun kini telah diciptakan Hard disk external. Bedanya dengan flashdisk adalah hard disk memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Untuk anda yang ingin mencadangkan banyak data gunakanlah alat ini

3.     Google Drive

Google memiliki sejumlah fitur yang sangat memudahkan pengguna dalam beraktifitas di internet. Yang biasa anda pakai untuk mencari sesuatu dinamakan google search, ada juga google mail untuk berkirim surel. Sedangkan google drive digunakan untuk menyimpan data secara online.  Cukup dengan memiliki alamat email anda dapat megakses dan memakai google drive tersebut.

4.     Dropbox

Memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan google drive, dropbox adalah tempat penyimpanan online yang digunakan untuk menampung data anda. perbedaan dengan google drive adalah dropbox lebih ditujukan untuk data yang dapat diakses bersama sama. Sedangkan google drive ke data pribadi. Akan tetapi fitur yang tersedia di dua aplikasi tersebut sangatlah mirip.

Menyimpan data dalam gawai seperti flashdisk dan hard disk, dan menyimpannya di cloud server memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk data di dalam gawai anda dapat memakainya tanpa akses internet dan kecepatan transfer data cenderung cepat. Sedangkan di cloud server anda membutuhkan akses internet untuk membukanya dan transfer data antar perangkat tergantung pada kecepatan internet anda, akan tetapi menyimpan di cloud server jauh lebih aman dan anda tidak diberatkan untuk membawa peralatan lain untuk mengaksesnya.

0 komentar:

Posting Komentar