Kamis, 01 Oktober 2020

3 Manfaat yang Diberikan Oleh Perusahaan Fintech untuk Ekonomi Indonesia

Beberapa waktu belakangan, Financial Technology (Fintech) menjadi sebuah trend tersendiri dalam dunia finansial. Bagaimana tidak, dengan adanya inovasi terbaru ini, setiap kegiatan finansial dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Dengan adanya inovasi ini, Anda tidak perlu lagi melakukan transaksi secara langsung yang pastinya akan memakan waktu.

 


Mengapa Memanfaatkan Fintech

Meskipun sudah menjadi salah satu trend tersendiri dalam bidang ekonomi dan keuangan, mungkin diantara Anda ada yang masih belum paham apa itu fintech. National Digital Research mendefinisikan financial technology ini sebagai inovasi yang dilakukan pada bidang keuangan dengan memberikan sentuhan teknologi modern dalam bidang ini.

 

Penggabungan antara finansial dan teknologi ini tentu akan sangat bermanfaat terutama untuk mempermudah dan mempercepat aspek-aspek dalam bidang finansial itu sendiri. Karena kemudahan dan kecepatan itulah, financial technology ini kini bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan, hingga mengubah gaya hidup seseorang. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal.

 

1.     Dapat Membantu Usaha Mikro Mendapatkan Modal

Adanya inovasi teknologi keuangan ini tentu sangat mengubah gaya hidup, terutama bagi para pelaku usaha mikro. Sebelum adanya inovasi ini, para pelaku usaha mikro akan sangat sulit mendapatkan modal. Meminjam di bank pun akan dibebankan bunga yang tinggi dengan prosedur dan persyaratan yang sulit.

 

Dengan adanya inovasi ini, para pelaku usaha mikro bisa mendapatkan bantuan pendanaan untuk modal dengan lebih mudah. Asalkan, bisa tetap cermat dalam memilih platform crowdfunding yang terpercaya, aman dan sudah terdaftar di OJK.

 

2.     Mengurangi Pinjaman dengan Bunga Tinggi

Satu lagi alasan mengapa inovasi teknologi finansial ini bisa mengubah gaya hidup adalah karena dengan adanya teknologi keuangan ini, kebutuhan akan sistem peminjaman uang yang transparan pun terjawab. Jika dibandingkan dengan lembaga lain, adanya financial technology ini menawarkan pinjaman dengan bunga yang tergolong rendah.

 

Tidak hanya bagi peminjam, keuntungan ini juga dapat dirasakan oleh pelaku startup yang bergerak di bidang ini pun turut diuntungkan. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan keuntungan, maka investasi untuk terus mengembangkan jasa fintech pun semakin mudah.

 

3.     Layanan yang Ditawarkan Beragam

Alasan terakhir adalah dengan layanan yang beragam, adanya inovasi teknologi finansial ini secara tidak langsung juga mengubah gaya hidup keuangan menjadi lebih mudah. Inovasi teknologi ini tidak hanya menawarkan layanan berupa pinjaman saja, namun juga melakukan penyetoran pada berbagai tagihan seperti listrik, air, telepon dan lain-lain. Kemudahan inilah yang tidak bisa dipungkiri kemudian menjadi gaya hidup baru dalam bidang keuangan.

 

Inovasi teknologi keuangan mau tidak mau memang berdampak bagi kehidupan finansial masyarakat, baik secara umum maupun spesifik dengan alasan seperti yang dijelaskan di atas. Misalnya yang paling bisa dilihat adalah kemudahan mendapatkan modal untuk usaha mikro dengan adanya layanan peer-to-peer lending. Saat ini bahkan sudah banyak layanan peer to peer Indonesia yang menawarkan pendanaan untuk usaha mikro dengan syarat mudah dan proses cepat seperti Amartha contohnya.

0 komentar:

Posting Komentar